Seminar Kepramukaan: Pendidikan Moral dan Karakter Jaman Now



Semarang, Rahidhas- Dewan Racana Wahid Hasyim (Rahidhas) Gugus Depan Kota Semarang 03.071-03.072 berpangkalan di Universitas Wahid Hasyim selenggarakan Seminar Kepramukaan Sabtu (03/03) kemarin.

Kegiatan yang menjadi salah satu Program Kegiatan Dewan Racana masa bhakti 2017/2018 tersebut dilaksanakan di Gedung B3 Kampus I Sampangan Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang.

Kegiatan yang bertemakan “Penguatan Karakter di Era Globalisasi melalui Pendidikan Kepramukaan” diikuti oleh 100 Anggota Pramuka SMA, SMK, dan MA (Penegak) se Kota Semarang, dan 50 Anggota Pramuka PTN, PTS (Pandega) se Jawa Tengah.

Terselenggarannya Seminar Kepramukaan, penguatan moral dan karakter dijaman now melalui pendidikan kepramukaan tak lain adalah salah satu bentuk ikhtiar Gerakan Pramuka Universitas Wahid Hasyim dalam menyikapi perilaku sosial anak muda diera digital. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tak ubahnya jangan sampai generasi muda yang merupakan agent of change hanyut dan terpesona akan kecanggihannya. Akan tetapi bagaimana menyikapi dan memanfaatkannya dengan bijak.

Di era digital, semua orang tak lepas dari yang namanya gadget, yang didalamnya terdapat aplikasi social media dan tak lepas dari informasi-informasi berbagai hal yang sangat minim filterisasinya. Hal ini mampu menjadikan pribadi seseorang mudah terprovokasi dan kurang bijak dalam menyikapinya. 

Melalui Seminar Kepramukaan ini, aggota pramuka diajak bersama-sama menguatkan karakter, moral, etika, untuk menyikapi dan mampu memfilter informasi yang ada di media sosial tersebut. “Saya turut bangga dengan adek-adek racana, semangat kepedulian akan moral dan karakter tidak luntur tergerus zaman”, tutur Ka. Gudep 03.072, Kak. Dr. Sari Hernawati, M.Pd.

Saya berpesan, lanjut kak Sari, jangan berhenti mengikuti kegiatan ini (pramuka), karena didalamnya mendidik kita dengan nilai-nilai karakter dan moral yang mampu menyikapi persoalan-persoalan kehidupan, khususnya jaman sekarang yang krisis akan moral.

Keprihatinan Dewan Racana Wahid Hasyim membuahkan ide pemikiran untuk menyelenggarakan kegiatan ini dengan pemateri yang ahli dibidangnya. Diantara pemateri adalah Kak Kholfan Zubeir, M.Pd.I, yang merupakan Dosen Fakultas Agama Islam Unwahas sekaligus beliau adalah Pelatih Pembina Kwartir Cabang Kota Semarang. Beliau menyampaikan materi tentang Pendidikan Moral untuk Kids Jaman Now melalui Kepramukaan. Dan pemateri kedua adalah Kak. Dr. Soekardi, M.Pd. beliau merupakan Purna Bhakti Sekretaris Kwartir Daerah Jawa Tengah. Beliau juga dosen Universitas Wahid Hasyim di PJKR dan Pascasarjana. Beliau kak Soekardi menyampaikan materi tentang Implementasi nilai-nilai moral dalam dharma pramuka poin ke 10 (suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan).

Kegiatan seminar merupakan kali pertama yang di selenggarakan oleh Racana Wahid Hasyim, yang sebelumnya kegiatan pelatihan-pelatihan yang memadati program Rahidhas. Hal ini mendapat apresiasi dari bagian kemahasiswaan. “saya secara pribadi sangat senang, racana mengadakan kegiatan semacam ini, karena pramuka tidak harus melulu kegiatannya baris berbaris, tali temali, dan lain sebagainya, ini (seminar) pun juga penting untuk menambah wawasan”. Jelas Ka. Bag. Kemahasiswaan, Kak Ali Imron, M.Pd.I.

Sebagai anggota pramuka di Unwahas, lanjut kak Ali Imron, hendaknya dalam berkegiatan lebih diarahkan untuk meneladani nilai-nilai karakter ataupun akhlak Nabi Muhammad SAW, karena kampus kita adalah kampus Aswaja.

Disampaikan juga oleh ketua dewan Rahidhas masa bhakti 2017/2018, kak Farah AS., bahwa Dewan Racana akan terus meningkatkan dan terus menginovasi program-program Rahidhas kedepan hingga akhir masa jabatan. Tidak sampai disitu, kami juga akan terus mengabdikan diri untuk membimbing adek-adek kami di Rahidhas Unwahas ini.

0 komentar :

Recent Post

Recent Posts Widget