MUSYKER PRAMUKA UNWAHAS 2015-2016


Ketua Dewan Racana yang baru masa bhakti 2015-2016, Kak Syafingul Umam dan Kak Umi Shohifatur Rifqi menyelenggarakan Musyawarah Kerja Dewan Racana Wahid Hasyim minggu kemarin (4/10).

Kegiatan yang dimulai dari jam 08.00 hingga sore menjelang petang tersebut dilaksanakan di kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Pengurus Dewan Rahidhas masa bhakti 2013-2015, Pengurus Dewan Demisioner, dan Alumni (Jawara) serta Perwakilan dari Pengurus Gudep. Kegiatan berlangsung sehari penuh dengan membahas mengenai program-program satu tahun kedepan.

Musyawarah Kerja Dewan Racana Wahid Hasyim dibuka oleh Gudep yang pada kesempatannya diwakili oleh sekretaris Gudep 03.071, Kak Achmad Masykuri. Kegiatan yang sudah menjadi Rutinitas tiap tahun setelah terbentuk pengurus baru ini bertujuan untuk merumuskan dan menyusun program kerja dan program kegiatan satu tahu ke depan yang sesuai dengan Tri Bina Pramuka (Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat). Musyker ini merupakan awal sebuah kepengurusan dalam menentukan arah kebijakan dalam sebuah penyelenggaraan dan merupakan penentu keberhasilan sebuah organisasi. “Musyawarah Kerja Dewan Racana dalam hal ini menyusun program kerja dan program kegiatan merupakan tolak ukur kesuksesan sebuah Pengurus Baru Dewan Racana.” Tutur Sekretaris Gudep 03.071 saat Pembukaan Musyker.

Dalam teori keorganisasian, manajemen sangat penting perananya dalam menciptakan sistem, tata administrasi, dan pengelolaan sumberdaya manusia dan sumber daya lainya. Teori tersebut paling tidak memiliki empat tahapan; (1) Planning, (2) Organizing (3) Actuating (4) Controlling. Meskipun demikian, dalam pelaksanaan pastinya tidak semulus yang direncanakan. “Kendala atau hambatan yang cukup besar dalam melaksanakan program-program dahulu angkatan saya, adalah koordinasi antar pengurus Dewan satu dengan lainya yang masih pasif, seolah kegiatan berjalan sendiri-sendiri. Namun dengan usaha dan tekad serta komitmen saya pada waktu itu, kendala maupun hambatan seperti tak berarti.” Tegas Ketua Dewan Rahidhas Demisioner, Kak Novi Faiz Safitri yang sekarang menjabat sebagai Pemangku Adat Racana Wahid Hasyim 2015-2016.

Satu tahun kedepan bagaikan mimpi yang masih berupa catatan-catatan semu, yang semuanya masih butuh proses dan waktu yang cukup. Dengan menganalisis dan memanajemen program-program tahun sebelumnya merupakan cara yang cukup ideal, tinggal menginovasi sesuai dengan keadaan dan target dan sasaran. “Banyak sekali Program Kegiatan untuk periode ini, tak terlepas meningkatan SDM Dewan dan Anggota, kami juga akan mencoba mengadakan event-event seperti lomba bagi Pramuka Penegak, dan Pelatihan-pelatihan yang melibatkan pramuka di Perguruan Tinggi.” Tutur Ketua Dewan Rahidhas Kak Syafingul Umam. (kgms)

Recent Post

Recent Posts Widget